Menyambut Cuti Bersama 2020, Ayo Belajar Buat Website !

Badr Interactive
- 19 Agustus 2020

Mengisi Waktu Cuti Bersama 2020 Dengan Belajar Buat Website

Pemerintah telah menyepakati perubahan waktu cuti bersama 2020 dengan pertimbangan status pandemi covid-19. Perubahan cuti bersama 2020 ini dilakukan pemerintah dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus, sebagaimana sebelumnya telah dilaksanakan perubahan cuti bersama pada waktu lebaran menjadi akhir tahun. Informasi terbaru yang diberikan pemerintah dikatakan bahwa tanggal 21 Agustus 2020 masuk kedalam waktu cuti bersama. Oleh karena itu, dalam hal ini Badr Interactive merangkum cuti bersama 2020 terbaru dari Instagram Kemnaker, Selasa (18/8/2020). Berikut ini daftar perubahan libur dan cuti bersama 2020 secara nasional.

 

                    Rabu, 1 Januari 2020 sebagai Tahun Baru 2020

                    Sabtu, 25 Januari sebagai Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili

                    Minggu, 22 Maret 2020 sebagai Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

                    Rabu, 25 Maret sebagai Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942

                    Jumat, 10 April sebagai Wafat Isa Al Masih

                    Jumat, 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional

                    Kamis, 7 Mei sebagai Hari Raya Wisak 2564

                    Kamis, 21 sebagai Kenaikan Isa Al Masih

                    Minggu-Senin, 24-25 Mei sebagai Hari Raya Idul Fitri 1441 H

                    Senin, 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila

                    Jumat, 31 Juli sebagai Hari Raya Idul Adha 1441 H

                    Senin, 14 Agustus sebagai Hari Kemerdekaan RI

                    Kamis, 20 Agustus sebagai Tahun Baru Islam 1442 H

                    Jumat, 21 Agustus sebagai Cuti Bersama Tahun Baru Islam 1442 H

                    Rabu, 28 Oktober sebagai Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW

                    Kamis, 29 Oktober sebagai Maulid Nabi Muhammad SAW

                    Jumat, 30 Oktober sebagai Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW

                    Kamis, 24 Desember sebagai Cuti Bersama Hari Raya Natal

                    Jumat, 25 Desember sebagai Hari Raya Natal

                    Senin-Kamis, 28-31 Desember sebagai Pengganti Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 H


Cukup banyak bukan hari libur yang telah atau akan kita lewati hingga akhir tahun ini? Cuti bersama 2020 revisi ini memberikan kesempatan yang cukup banyak bagi kita untuk berkumpul bersama keluarga di rumah selama masa pandemi ini. Meskipun hampir sebagian besar aktivitas kita berada dirumah, tapi bukan berarti kita tidak bisa produktif dan bekerja dengan baik. Justru pandemi ini mengajarkan kita untuk lebih mendekatkan diri dengan keluarga, beradaptasi dengan perubahan, dan semakin peka terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam berbagai aktivitas kantor ataupun pendidikan. Budaya work from home (WFH), kegiatan belajar mengajar secara online, pertemuan secara virtual, bisnis online yang semakin merajalela, dan lain sebagainya menjadi tren baru yang menjadi new normal dari aktivitas harian kita.

Berbicara mengenai bisnis online, dampak dari libur dan cuti bersama 2020 ini sedikit banyak memberikan kesempatan bagi para pebisnis online untuk berkembang dan berkreasi sesuai dengan bidang bisnisnya masing masing. Sebagai contoh, mereka yang tadinya berbisnis online hanya dengan memanfaatkan WhatsApp sebagai channel marketingnya, sekarang mereka mulai merambah ke konten marketing melalui pemanfaatan sosial media seperti facebook, Instagram, twitter, ataupun tiktok.

Tak jarang juga para pelaku bisnis yang sebelumnya tidak memiliki aplikasi dan website untuk aktivitas bisnisnya, mulai mengembangkan aplikasi dan websitenya masing-masing karena mempertimbangan urgensi dari platform digital sebagai eksistensi bisnis mereka agar dapat bertahan di masa-masa sulit ini. 

Bukan hanya para pelaku bisnis, namun dari kalangan pelajar hingga mahasiswa, saat ini mereka juga mulai mengembangkan kapasitas di luar pembelajaran sekolah, terutama untuk materi-materi belajar buat website, aplikasi, ataupun kebutuhan teknologi lainnya. Hal ini dirasa penting karena kedepan teknologi akan menjadi kunci dari persaingan bisnis di masa mendatang.


Jika kita lihat kembali jadwal cuti bersama di atas, waktu libur dan cuti bersama yang akan dilalui ke depan tersebar dari akhir bulan Agustus, akhir Oktober, dan akhir Desember. Dalam rangka mengisi waktu libur ini, sebaiknya kita memanfaatkan waktu tersebut untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini seperti belajar digital marketing, pembuatan website dan aplikasi mobile.

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser dengan URL website. Website bermanfaat sebagai sarana promosi dan edukasi target pasar suatu bisnis mengenai topik tertentu. Adapun konten yang terdapat dalam website, bisa profile perusahaan, berita, artikel, tips dan trik dan lain sebagainya. Untuk manfaat website dan aplikasi untuk kebutuhan bisnis Anda, silahkan baca artikel kami di sini

Contoh website adalah seperti kumpulan halaman yang Anda lihat di website Badr Interactive ini, dimana dalam website ini kami menyampaikan profil perusahaan, portfolio serta artikel-artikel edukasi mengenai pengembangan software, digital marketing, project management dan Islamic insight.

Lalu bagaimana cara membuat website yang baik untuk keperluan bisnis kita? Berikut ini beberapa langkah untuk membuat website yang dirangkum dari beberapa referensi:

1. Tentukan tujuan pembuatan website
2. Tentukan platform website. Menentukan platform/CMS yang akan digunakan unuk membuat website
3. Register hosting dan nama domain. Daftar mudah hosting dan domain sesuai keinginan Anda
4. Instalasi dan pengaturan website
5. Anda bisa mengunjungi penyedia domain dan hosting wordpress dengan biaya berlangganan tertentu sesuai dengan kebutuhan Anda
6. Untuk detail lebih lengkap bagaimana instalasi dan pengaturan website tersedia pada penyedia domain dan hosting masing-masing

 
Untuk Anda yang ingin belajar lebih jauh mengenai pemrograman, kami merekomendasikan 3 situs yang cukup bagus untuk belajar mengenai coding website:  

1.     W3schools.com

W3school merupakan website tutorial pemrograman yang menurut Badr paling lengkap dan paling mudah mempelajarinya. Hal tersebut karena W3school lebih banyak praktek dibandingkan teori sehingga Anda bisa langsung mencoba mempraktekkan kode yang dibahas saat itu juga. W3school juga tidak terbatas pada tutorial untuk html, css, dan php. W3school juga dilengkapi dengan tutorial kode-kode website lain yang lebih kompleks seperti Javascript, JQuery, ASP, dan sebagainya.

2.     Code Academy

Code Academy hampir mirip dengan W3school, yaitu memungkinkan Anda untuk mempelajari kode dan mempraktekannya saat itu juga. Bahasa pemrograman lain yang dapat dipelajari juga adalah javascript, Jquery, Python dan Ruby. Tutorial di Code Academy sangat terstruktur dan praktis. Yang uniknya di Code Academy adalah untuk Anda yang sudah cukup pro, Anda juga bisa mengajar dengan mendaftar di Code Academy menggunakan fitur “Teach” yang telah disediakan.

3.     Dreamincode.net

Dream in code adalah website yang berisi forum berkumpulnya para programmer baik programmer website maupun desktop. Di Dream in code, Anda bisa mempelajari postingan yang diberikan para master secara gratis atau sebaliknya Anda pun bisa berbagi ilmu Anda. Tutorial tersebut tidak dapat Anda langsung praktekkan dalam forum. Namun, dari segi kelengkapan topik, dream in code memiliki topik lebih lengkap. Anda juga bisa bertanya mengenai masalah yang anda hadapi lewat forum.

        


Demikian informasi yang dapat Badr Interactive rangkum, semoga bermanfaat untuk Anda yang hendak mengembangkan diri dengan meningkatkan skill membuat website dan tentu bermanfaat pula untuk perkembangan bisnis Anda di masa mendatang.


Selamat berlibur, belajar dan bermanfaat.

100+ Perusahaan bekerjasama dengan Badr Interactive untuk mengoptimalkan website dan aplikasi mereka.

Selama lebih dari 8 tahun, kami telah mengembangkan 200+ website/aplikasi untuk berbagai klien kami.

Mari bergabung dan siapkan sistem terbaik untuk perusahaan Anda