Proses Rekrutmen di Badr Interactive: Bagaimana Kami Memilih Talent Terbaik

Badr Interactive
- 13 October 2020

Pencarian tenaga professional yang terampil dengan pengalaman yang cukup baik dan relevan dengan kebutuhan bisnis bisa memakan waktu berbulan-bulan. Namun kabar buruknya, klien tidak akan mau menunggu proses rekrutmen tersebut. Itulah mengapa setiap bisnis berusaha mengisi posisi yang kosong secepat mungkin. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah proses rekrutmen tidak bisa dipaksakan dengan proses yang terburu-buru. Untuk memastikan agar kami selalu dapat memberikan tim development terbaik bagi klien, kami memberlakukan mekanisme rekrutmen yang terencana untuk merekrut talent terbaik.


Prerequisite Sebelum Memutuskan Rekrutmen

Sebelum memutuskan rekrutmen, perusahaan perlu mempertimbangkan pros dan cons dari proses rekrutmen tersebut. Pada dasarnya rekrutmen akan membawa cost tambahan bagi perusahaan yang tentu tidak sedikit. Di sisi lain, effort yang dibutuhkan untuk menyeleksi talent terbaik juga cukup besar. Perusahaan butuh waktu lebih untuk menganalisis kemampuan kandidat baik melalui screening CV ataupun penugasan tertentu. Belum lagi waktu tambahan untuk melakukan wawancara dengan berbagai kandidat yang ada. Ketika sudah diterima, maka akan ada biaya tambahan untuk remunerasi karyawan, tunjangan, dan lain sebagainya. 

Biasanya perusahaan melakukan rekrutmen karena ingin scale up sehingga membutuhkan talent tambahan atau karena ada yang resign dari perusahaan tersebut dan membuat role tertentu kosong. Dalam hal perusahaan ingin scale up atau ingin mengembangkan bisnisnya, maka perusahaan harus benar-benar mempertimbangkan apakah memang rekrutmen menjadi jawaban terbaik bagi perusahaan dan dampak dari rekrutmen akan membawa peningkatan kinerja perusahaan dengan signifikan. 


Assessment Kandidat 

Menemukan talent terbaik memang tidak mudah, namun setidaknya kita bisa mendapatkan hasil yang sesuai ekspektasi kita ketika proses rekrutmen dan seleksi dilakukan dengan baik. Ketika melakukan seleksi kandidat terbaik untuk pekerjaan, kami menerapkan beberapa level assessment untuk melihat hard skill dan soft skill dari kandidat yang melamar. 


CV Review

Proses seleksi dimulai dengan review CV kandidat. Ini adalah tahap awal di mana kami memilih pelamar dengan pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pekerjaan yang dibuka. Seleksi CV merupakan pintu pertama dalam proses seleksi karyawan. Dalam hal ini, memiliki CV yang outstanding akan menjadi nilai tambah karena akan membedakan kandidat dengan puluhan bahkan ratusan CV yang didapatkan HRD. Adapun hal-hal yang kami perhatikan dalam screening CV adalah:


  1. Kesesuaian dengan Kualifikasi Lowongan. Memastikan bahwa kandidat melamar sesuai dengan detail kualifikasi yang dibutuhkan dan memiliki keahlian yang sesuai dengan kualifikasi tersebut.

  2. Portofolio Kandidat. Bagi kandidat yang ingin melamar di posisi software engineer atau posisi supporting terkait seperti UI/UX atau software tester, portofolio lebih penting daripada latar belakang pendidikan. Dengan memberikan penjelasan secara detail mengenai work experience, teknologi yang digunakan, siapa klien proyeknya dan peran yang dilakukan, akan membuat perusahaan mendapatkan gambaran umum mengenai latar belakang kandidat. 

  3. Highlight skill. Hal lain yang perlu kandidat highlight didalam CVnya adalah skill yang kandidat miliki baik hard skill ataupun soft skill untuk memberikan gambaran lebih jauh kepada perusahaan tentang kemampuan kandidat.

  4. Prestasi. Setiap perusahaan menghargai dan memberikan nilai tambah bagi kandidat yang memiliki prestasi ataupun sertifikasi tertentu. Namun pastikan bahwa prestasi ini relevan dengan keahlian yang dimiliki terkait dengan bidang software engineering.

  5. Informasi Personal dalam CV. Kandidat perlu memberikan informasikan tentang diri mereka dalam satu paragraf singkat, seperti hobi, motivasi, tujuan personal jangka panjang, dan sebagainya sehingga perusahaan mengetahui sisi personal dari kandidat.

  6. Informasi yang Relevan. Kandidat tidak perlu memasukkan informasi latar belakang pendidikan dengan detil dari SD-kuliah, cukup jenjang pendidikan terakhir. Kandidat juga tidak perlu memasukkan detail biodata seperti tinggi, berat badan, jenis darah, kewarganegaraan.

  7. Subjek dan Body Email yang sesuai arahan. Salah satu alasan perekrut membuat format subjek/body email adalah untuk mempermudah perusahaan dalam mengategorisasikan posisi pelamar tanpa perlu membuka detil emailnya. Sehingga jika subjek emailnya tidak sesuai, akan menyulitkan atau “menambah kerjaan” tim HRD untuk memverifikasi dulu body email atau bahkan detil CV-nya untuk tau posisi yang ingin dilamar. Hal ini akan membuat first impression kandidat menjadi buruk.

  8. Konten yang presisi dan visual yang baik. Pastikan bahwa CV kandidat tidak lebih dari 3 halaman dan berikan tampilan visual yang menarik agar perekrut bisa aware dengan CV kandidat.


Wawancara User

Kandidat yang terpilih dari seleksi CV akan diberikan penugasan oleh user/supervisor sebelum nanti dipanggil untuk wawancara baik secara langsung ataupun video dengan perekrut. Penugasan ini digunakan untuk memberikan gambaran kepada kandidat mengenai pekerjaan yang akan dilaksanakan ketika sudah diterima. Pada saat wawancara user, kandidat akan mempresentasikan hasil penugasannya dan kemudian berdiskusi dengan user mengenai penugasannya tersebut. Setelah itu user akan mewawancarai kandidat untuk memeriksa soft skill mereka, memberi tahu mereka lebih banyak tentang perusahaan dan business flow yang ada, penjelasan mengenai jobdesc, dan bertanya mengenai ekspektasi kandidat untuk perusahaan.  


Beberapa tips pada sesi wawancara user:

  • Pahami posisi pekerjaan yang dilamar dan apa saja requirement yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan peran tersebut. 

  • Melakukan riset mengenai perusahaan. Hal ini penting agar kandidat mengetahui profile perusahaan baik secara visi/misi perusahaan, jenis layanan yang diberikan, kelebihan dan kekurangan perusahaan.

  • Datang tepat waktu. Kehadiran on-time akan memberikan first impression yang baik bagi perusahaan karena menggambarkan bahwa kandidat respect dengan waktu dan disiplin dengan waktu yang telah ditetapkan.

  • Pro-aktif untuk bertanya. Umumnya pada sesi wawancara, user atau perusahaan adalah pihak yang paling banyak bertanya. Namun bukan berarti kandidat tidak punya hak untuk bertanya, bahkan ketika kandidat pro-aktif bertanya akan membawa kesan yang baik karena kandidat dianggap antusias untuk bergabung dengan perusahaan.

  • Menjelaskan pencapaian saat ini dengan spesifik. Kandidat perlu memberikan penjelasan dengan detil mengenai pencapaian mereka dan apa pelajaran yang mereka dapatkan dari pencapaian tersebut.

  • Highlight kelebihan atau value diri kandidat. Kandidat juga perlu menunjukkan secara eksplisit mengenai kelebihan atau value added yang mereka miliki sehingga perusahaan dapat meng-highlight kelebihan kandidat tersebut.


Wawancara Akhir

Setelah kandidat tersebut melewati semua tahapan sebelumnya dan perekrut telah melakukan berbagai pemeriksaan lainnya seperti referensi, maka perusahaan akan melakukan wawancara terakhir dengan CEO untuk menyetujui persyaratan dan membuat keputusan akhir. Jika kandidat setuju, maka perusahaan akan menyiapkan tawaran pekerjaan dan mengirimkannya ke kandidat.



Kesimpulan

Memiliki orang yang tepat dalam tim baik dari kesamaan visi/misi perusahaan dan kesesuaian skill dengan pekerjaan yang ada, akan menjamin kualitas kerja yang tinggi dan lingkungan kerja yang nyaman. Kami menempatkan setiap kandidat melalui beberapa tahap evaluasi untuk tidak hanya memahami apakah mereka baik untuk kami tetapi juga untuk memastikan bahwa kami baik untuk mereka. Hasilnya, kami membangun tim yang kuat yang memberikan hasil terbaik untuk klien kami.


Apakah Anda ingin bergabung dengan kami? Klik di sini karena saat ini kami sedang membuka rekrutmen untuk posisi Project Manager, UI Designer, Software Tester, Freelance Mobile Developer dan Front End Web Developer dengan deadline waktu pendaftaran tanggal 16 Oktober 2020. Silahkan mendaftar dengan mengirimkan CV Anda ke [email protected]


100+ Perusahaan bekerjasama dengan Badr Interactive untuk mengoptimalkan website dan aplikasi mereka.

Selama lebih dari 8 tahun, kami telah mengembangkan 200+ website/aplikasi untuk berbagai klien kami.

Mari bergabung dan siapkan sistem terbaik untuk perusahaan Anda