Ini dia Beragam Aplikasi Bermanfaat untuk Menemani Anda Selama WFH

Badr Interactive
- 06 April 2020

Bekerja dari rumah atau yang dikenal dengan istilah Work From Home (WFH) merupakan impian untuk sebagian orang. Mereka membayangkan tidak perlu repot untuk menghabiskan waktu perjalanan ke kantor atau tidak akan merasakan bosan dengan tempat bekerja mereka yang hanya dalam kubikal saja ketika menjalani WFH. Akan tetapi, saat dihadapkan dengan sistem kerja WFH, mereka justru kebingungan untuk menyiasati tempat dan waktu kerja yang fleksibel hingga akhirnya justru membuat mereka lebih lama bekerja. Bahkan tidak jarang juga mereka yang tetap merasakan kebosanan dengan rutinitas bekerja meskipun sudah diberikan sistem WFH.

Oleh karena itu, sangat penting untuk para pekerja yang WFH mengatur jadwal kerja mereka, terutama mengimbangi dengan kegiatan yang lainnya supaya tidak merasa bosan dengan rutinitas bekerja. Dua hal yang juga perlu dimasukkan dalam to do list Anda ketika WFH adalah: beribadah dan olahraga. Dua hal ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan kejenuhan dari rutinitas bekerja saat WFH, bahkan sangat bermanfaat bagi akal dan fisik untuk hari-hari berikutnya.


 


Aplikasi Pendukung Untuk Beribadah Saat WFH

Istilah WFH semakin booming saat wabah virus corona (COVID-19) merebak di wilayah Indonesia. Melihat kondisi tersebut, Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa kepada seluruh umat Islam di wilayah yang terdampak virus corona untuk sementara beribadah di rumah. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda unduh untuk menemani kegiatan beribadah di rumah

    Learn Quran

    Untuk Anda yang ingin mengisi waktu Anda ketika WFH dengan mempelajari Al Quran, aplikasi Learn Quran ini adalah pilihan yang   tepat. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur mulai dari teori-teori belajar Al Quran, video interaktif untuk latihan pembelajaran,     sekaligus tes sebagai bahan evaluasi dari teori dan latihan yang Anda lakukan. Untuk mengunduh aplikasi Learn Quran, Anda dapat     langsung menuju www.learn-quran.co atau klik tautan disini

                                            

Al Quran (Tafsir & By Word)

Setelah Anda menemukan aplikasi untuk belajar Al Quran, maka Anda perlu menemukan aplikasi Al Quran untuk mempraktikkan hal yang Anda pelajari pada aplikasi Learn Quran. Begitu banyak aplikasi Al Quran yang terdapat di dalam playstore android maupun app store iOS. Berikut ini aplikasi Al Quran yang direkomendasikan yakni Al Quran (Tafsir & By Word). Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat membantu Anda membaca sekaligus mempelajari terjemahan dan tafsir dari ayat-ayat Al Quran yang Anda baca. Aplikasi ini dilengkapi juga dengan fitur penanda tajwid yang berwarna untuk membantu Anda membaca sesuai dengan kaidahnya.

Aplikasi Al Quran ini dapat Anda unduh pada link ini


Be Hafizh

Aplikasi yang satu ini dapat membantu Anda dalam menghafal dan mengulang hafalan (muraja’ah) Anda. Terdapat fitur tes untuk menguji seberapa kuat hafalan Anda. Tes ini berupa soal-soal untuk melanjutkan ayat yang dibaca atau menyebutkan ayat yang dibacakan kepada Anda, sesuai dengan surat yang Anda pilih. Hasil tes tersebut berupa kodifikasi warna hijau (cukup hafal), kuning (relatif lancar dalam menghafal), dan merah (masih belum lancar menghafal).

Be Hafizh dapat diunduh disini

 

Quranic

Aplikasi ini membantu Anda untuk mempelajari kosakata bahasa Arab yang terdapat di dalam Al Quran. Uniknya, aplikasi ini menyediakan pembelajaran lewat cerita (story telling) kisah-kisah yang termuat dalam Al Quran. Setelah menyimak cerita dari suatu kisah, Anda akan diberi pertanyaan terkait makna kata dari kisah tersebut. Setelah itu, akan ada evaluasi dari pembelajaran kosakata yang telah Anda lalui.

Unduh aplikasi Quranic melalui link ini


Lafzi

Lafzi membantu Anda untuk mencari dan memahami ayat Al Quran yang Anda dapatkan dari khutbah atau video ceramah. Ketika Anda ingin mengetahui posisi ;ayat yang Anda dengar atau simak dari orang lain, Anda tinggal mengetikkan lafaznya, lalu aplikasi ini akan memberikan informasi lengkap mengenai surat dan ayat dari lafadz tersebut. Tentunya, hasil pencarian ini juga dilengkapi dengan terjemahan dari ayat yang dimaksud. Aplikasi Lafzi juga dilengkapi dengan fitur pencarian menggunakan suara (voice command) yang semakin memudahkan Anda untuk mencari suatu lafaz di dalam Al Quran.

Aplikasi Lafzi dapat diunduh disini


Yaumi

Setelah Anda melakukan ibadah-ibadah di rumah, sekarang saatnya mengunduh aplikasi yang dapat menjadi ‘teman’ dalam beribadah. Salah satu aplikasi yang dapat menjadi ‘teman beribadah’ Anda adalah Yaumi. Aplikasi ini berguna untuk memantau sejauh mana Anda melakukan ibadah-ibadah yang telah Anda targetkan setiap harinya. Misalnya, Anda menargetkan setiap hari membaca Al Quran satu juz, maka Anda dapat menaruh jumlah bacaan Al Quran Anda setiap harinya di dalam aplikasi ini. Dilengkapi juga dengan fitur ‘rapor ibadah’ yang akan menjadi laporan dari pencapaian targetan ibadah-ibadah Anda. Selain itu, ada juga fitur Al Quran dan terjemahannya serta jadwal sholat di wilayah Anda.

Unduh aplikasi melalui link berikut ini (Yaumi)

 


Berolahraga Ketika WFH? Why Not?

Ketika Anda bekerja di kantor maupun dari rumah (WFH), maka aktivitas yang dominan adalah duduk menatap layar laptop atau lembar kerja Anda. Fisik akan terbiasa lebih sedikit bergerak. Hal ini dapat menyebabkan Anda mudah stres dan lelah meski Anda tidak banyak gerak. Bahkan rutinitas duduk diam selama beberapa jam saat bekerja dapat mendatangkan berbagai penyakit seperti sakit kepala dan nyeri punggung. Sebuah penelitian dari Universitas New England di Australia menyatakan bahwa olahraga berpotensi mengintervensi stress dan kelelahan sehingga perusahaan bisa membantu mengurangi kelelahan karyawan dengan mendorong karyawan berolahraga secara teratur.

Oleh karena itu, berolahraga menjadi kegiatan yang juga tidak boleh diabaikan meskipun Anda sibuk bekerja. Apalagi jika Anda bekerja dari rumah, Anda dapat berolahraga lebih luwes dibandingkan ketika Anda bekerja di kantor. Anda dapat memanfaatkan berbagai ruangan yang ada di rumah untuk berolahraga di sela-sela kesibukan WFH. Berikut ini adalah beberapa mobile application android yang dapat Anda gunakan untuk membantu berolahraga di rumah:

    7 Minutes Workout

    Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang merasa tidak terlalu banyak memiliki waktu untuk berolahraga. Aplikasi ini akan memandu     Anda untuk berolahraga hanya dalam waktu tujuh menit tiap harinya. Dilengkapi dengan jenis olahraga untuk berbagai tujuan atau     bagian tubuh yang ingin dibentuk dari kegiatan olahraga Anda, aplikasi ini cukup direkomendasikan untuk Anda yang sangat sibuk     dengan bekerja.

    Unduh aplikasi 7 Minutes Workout disini



30 Days Fitness Challenge

Untuk Anda yang merasa harus ‘dipaksa’ untuk berolahraga, aplikasi ini bisa jadi opsi terbaik untuk kegiatan olahraga Anda. Aplikasi ini akan memberikan tantangan kepada Anda untuk konsisten berolahraga selama 30 hari sesuai dengan porsi olahraga yang Anda inginkan. Aplikasi ini akan memandu Anda untuk berolahraga di rumah tanpa perlu menyediakan alat olahraga apapun. Anda cukup mengikuti panduan olahraganya secara intens selama 30 hari penuh.

Unduh aplikasi 30 Days Fitness Challenge disini 


Freeletics

Aplikasi trainer workout yang cukup populer ini menyediakan 900 panduan untuk berolahraga. Selain panduan berolahraga, aplikasi ini juga memberikan tips gaya hidup sehat untuk menunjang aktivitas olahraga Anda. Bahkan, Anda dapat membagikan catatan olahraga Anda dengan pengguna lainnya supaya dapat saling menyemangati untuk berolahraga.

Unduh aplikasi Freeletics di link ini atau Anda dapat mengunjungi www.freeletics.com

 


Workout for Women

Jika Anda adalah perempuan yang khawatir aplikasi workout yang ada di playstore akan memberatkan untuk diri Anda, aplikasi ini dapat menjadi alternatif supaya Anda tetap berolahraga. Aplikasi ini memiliki durasi yang sama seperti 7 Minutes Workout, yakni 7 menit saja tiap berolahraga.

Unduh aplikasi Workout for Women disini

 


Pocket Yoga

Selain melakukan gerak yang cukup berat seperti workout, pilihan lain untuk berolahraga adalah yoga. Olahraga ini lebih memadukan antara olah fisik dan olah pikiran. Oleh sebab itu, salah satu output dari yoga adalah ketenangan pikiran supaya tidak stress dalam mengelola beban kerja. Aplikasi Pocket Yoga ini cukup simpel untuk dijadikan panduan Anda dalam menjalani gerakan-gerakan yoga. Aplikasi ini terdiri dari 27 variasi gerakan dan durasi yang berbeda untuk setiap gerakannya. 

Unduh aplikasi Pocket Yoga disini

 


Sworkit

Aplikasi yang satu ini dapat memandu Anda berolahraga sesuai dengan kebutuhan Anda. Sworkit dapat digunakan untuk berbagai jenis olahraga, mulai dari olahraga untuk kesehatan jantung (cardio), olahraga untuk menurunkan berat badan, hingga olahraga yoga. Anda juga dapat mengatur durasi olahraga setiap harinya dan aplikasi Sworkit akan tetap menyediakan video panduan sesuai dengan durasi yang Anda inginkan.

Unduh aplikasi Sworkit disini

Demikian informasi yang dapat disampaikan terkait dengan berbagai aplikasi yang bermanfaat untuk menemani aktivitas WFH kita terutama dalam aktivitas ibadah harian dan aktivitas fisik. Semoga bermanfaat!

100+ perusahaan bekerjasama dengan Badr Interactive untuk mengoptimalkan website dan aplikasi mereka.

Selama lebih dari 8 tahun, kami telah mengembangkan 200+ website/aplikasi untuk berbagai klien kami.

Mari bergabung dan ciptakan sistem terbaik untuk perusahaan Anda.